Tuesday, January 13, 2015

✿ Never Ending Jogja Part 2 ✿

✿ Never Ending Jogja Part 2
(Goa Sriti, Cave Tubing Goa Pindul, River Tubing Sunga Oya, Pantai Indrayanti) ✿

Ahoooyy!! Hari ini saya bakal ceritain perjalanan hari kedua kami di jogja. Setelah bobo nyenyak malemnya, pagi harinya kami bersemangat buat menuju ke destinasi yang kedua yaitu Goa Pindul. Di Goa Pindul ini kita bisa wisata cave tubing. Cave tubing gak beda jauh sama rafting, bedanya kalo rafting nyusurin aliran sungainya pake perahu nah kalo ini pake ban. Dan sungai yang dipake buat cave tubing lebih tenang kalo dibanding aliran sungai yang biasa dipake buat rafting.

Setelah perjalanan 2jam lebih dari penginapan ke gunung kidul, tibalah kami disebuah pos buat pendaftaran paket goa pindul. Ada 3 objek wisata yang akan kami kunjungi. Yang pertama Goa Sriti, Goa Pindul, dan yang terakhir adalah River Tubing Sungai Oya. Di pos pendaftaran kami dipersilahkan ganti pakaian jika ingin ganti baju, karna wisata ini bakal membuat kita basah2an. Setelah kostum oke, maka kita akan dikasih perlengkapan buat cave tubing diantaranya jaket pelampung dan sepatu karet. Untuk sepatu jangan khawatir, karna ada berbagai macam ukuran sepatu disini. Pakai yang pas di kaki, karna kalo kegedean bisa kebawa aer nantinya :D atau kalo kekecilan bisa lecet jadinya.
Gak lupa berfoto di pos pendaftaran
Setelan lengkap buat cave tubing J
Setelah siap, kami pun dibawa pake mobil kol buntung buat menuju objek wisata yang pertama, Goa Sriti. Lokasi Goa Sriti gak terlalu jauh dari pos. Goa ini berada di bawah tanah dengan kedalaman 10 meter dan panjang goa sekitar 100 meter, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam... tapi tergantung juga sih sama seberapa jago anda berpetualang didalamnya #hadzeeg.. kalo termasuk tipe yang seneng bertapa di dalem aer, mungkin bisa kuat 2 jam di dalem goa, tapi jika hanya 5 menit langsung keluar, itu bukan karna anda hebat!! bisa jadi karna udah melambaikan tangan ke abang guide dan menyatakan menyerah =))

Sebelum masuk ke Goa Sriti kami diberikan arahan dan wejangan sama guide nya. Karna Goa ini masih alami, kami diperingatkan untuk selalu hati2 dan jangan melakukan hal2 yang gak baik di dalem Goa. Kami pun dipinjamkan head lamp karna di dalam Goa nanti bakalan gelap banget. Gak semua dapet tapi, kayaknya jumlah head lampnya terbatas, jadi diantara kami berempat, hanya 2 orang yang dapet headlamp.

Briefing sebelum masuk Goa Sriti
Pose sebelum turun ke dalam Goa
Kembali berpose di anak tangga menuju Goa :D
Berdasarkan info dari guidenya, kenapa dinamain Goa Sriti itu karna goa ini sering dijadikan sarang burung sriti. Burung sriti itu sebangsa burung layang-layang dan masih sodara deket sama burung walet (kalo gak salah sih gitu hahaha). Sampai di mulut goa, suasana mulai gelap.. walopun dipandu sama guide yang berpengalaman, tetep aja agak deg2an buat nyusurin goa ini. Tanpa headlamp pandangan bakal bener2 hitaam pekat, gelaaap. Saya dan teman saya yang gak kebagian headlamp gak boleh jauh-jauh dari yang pake headlamp, kalo ketinggalan bisa gawat.. coz gelap binggo di dalem goa ini. Dan karna sepanjang goa ini terendam air, kita mesti hati-hati melangkah (udah kayak panduan di busway (--,) ), sebab kalo gak hati2 bisa kepeleset, karna pijakannya licin. Gak seperti yang dikasih tau sebelumnya.. ternyata aernya gak cuman sepinggang tapi sedadaa.. mungkin karna saya beke gak cukup tinggi K
Penampakan Goa Sriti
Dipandu guide kami pun menyusur goa dan dengerin berbagai cerita dari si abang guide. Di dalam Goa Sriti terdapat batuan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif sampai sekarang. Stalagtit dan stalagmit di dalam goa ini tergolong unik, banyak yang menyerupai bentuk binatang dan bentuk-bentuk lainnya. Abang guidenya ngasih tau sih nama2 stalaktit dan stalakmit yang ada di goa itu, tapi berhubung lupa :D jadi ya fotonya aja ya yang saya tunjukin... :D

Ini lupa lagi namanya, lorong permintaan apa lorong cinta, atau apa yaa.. lupaa :D
Guide nya nyeritain kalo kita bikin permohonan sebelum masuk lorong ini, niscaya permintaannya terkabul tapi yang buat keinginan niatnya harus bersih. Boleh percaya boleh enggak sih.. cuman berhubung disuruh berdoa, ya berdoa aja... hahaha.. asal jangan menyekutukan Tuhan ya.. musyrik!!

Abang guide yang mandu kita ramah banget. Dan dia semangat buat motoin kita2 yang narsis ini :3. Jadi terharuuu...

Setelah penyusuran panjang, tibalah kami berempat di ujung goa... Yeaaay... dan explorasi goa sriti kali ini done!
Berhasil.. berhasil.. berhasil... hore!
Pose lagii tentunya :D
Setelah berhasil keluar goa sriti, kami berempat lanjut lagi naek kol buntung buat menuju objek berikutnya... Goa Pindul.
Mejeng di atas Kol Buntung J
Lokasi Goa Pindul dan Goa Sriti berdekatan. Jadi gak butuh waktu lama buat sampai di Goa Pindul. Sampe di pintu masuk Goa Pindul, kami berempat langsung dikasih Ban yang nantinya dipake buat cave tubing.

Sebelum cave tubing, pose dulu tentunya J
Pose di Pintu Masuk Goa
Setelah semua readeeeh di ban-nya masing-masing, kami pun saling berpegangan ban (romantisss kan) dan gabung juga sama tim lain.

Dengan dipimpin abang guide, kami pun masuk ke dalam goa..... Jeng jeng jeng... Kami langsung disuguhkan pemandangan dalam goa yang luarrr biasaa.. Pemandangan stalaktit dan stalakmit menghiasi langit-langit dan pinggiran goa. Banyak pula kawanan kelelawar pada cindeuteun bertaburan di langit-langit goa.

Batu krystal yang konon  gak akan pernah habis kalopun diambil berkali-kali... (Diambil gambarnya :p)

Setelah menyusuri goa, di ujung goa kita diperbolehkan turun ke air untuk nikmatin tebing yang ada di dalam goa. Beberapa orang terlihat antusias loncat dari tebing buat test adrenalin. Salah satu temen saya (yang juga contributor blog ini) dengan gagah berani dan penuh keangkuhan, memutuskan naik ke tebing dan ikut2an loncat juga... Kamu luarr biasa ranzz...

Ranzz si pemberani yang abis loncat dari tebing
Habis puas mainan di goa pindul, kami keluar kawasan goa pindul dan melanjutkan ke objek wisata selanjutnya, Wisata River Tubing Sungai Oya.
Ini nih abang guide kami yang ramah J
Setelah nunggu sepi akhirnya bisa foto di pintu masuk Goa Pindul J
Karna satu foto saja gak cukup :D
 Abis itu kami naik mobil kol buntung lagi buat menuju ke lokasi river tubing. Sampai di lokasi, kami turun dari mobil dan jalan ke arah sungai oya. Udah ge’er sangkain ban-nya bakal dibawain sama abang guide, eh ternyata kita yang mesti bawa itu ban gede sendiri2 hihihi... Trecking menuju lokasi peluncuran ban cukup menguras tenaga, kalo gak sambil bawa ban gede sih jaraknya sebenernya gak terlalu jauh, tapi berhubung sambil gigiwing bawa ban gede... hah heh hoh deh jadinya.
Abis sampe, dan kami pun siap duduk anteng di ban kami masing2. River tubing dimulai...

Siap relaxasasi di sungai oya yang tenang ini J
Nikmat banget rasanya kebawa aliran sunga oya, duduk santai di ban, sambil nyaksiin pemandangan pinggiran sungai oya yang dihiasin jajaran batuan karst.

Di sungai oya ada air terjun yang gak terlalu tinggi, banyak pula yang lagi main air disitu. Kami pun dipersilahkan turun buat ikut menikmati air terjun. Ada juga pengunjung lain yang lagi antri di tebing yang cukup tinggi pinggiran sungai, buat terjun.. pada hobi ya uji adrenalin.. saya mah anteng ajalah di aer terjun, liatin yang pada uji nyali :D

Setelah puas di air terjun, kami naik ke ban lagi dan ngelanjut perjalanan river tubing sampai cek point selanjutnya. Berasa dikasih lullaby song denger suara angin sambil keombang ambing ngikutin aliran sungai oya yang cukup tenang. Sampai tetiba abang guide bilang “udah sampe mba..” yaaaaah qo cepet bgt ya rasanya, padahal masih nikmatin suasana banget ini, mager dari ban :D

Mager (males gerak)
Ujung perjalanan River Tubing
Setelah turun dari ban, guide kami bilang “monggo mba kalo mau minum-minum dulu”, lah sontak aja saya nimbalin si abangnya “haram pak.. gak boleh minum-minum saya mah” hihihi.  Setelah cukup lama nelusurin aliran sungai oya, pasti kita bakal ngerasa haus dan laper.. itulah sebabnya si guide mempersilahkan kami untuk makan dan minum di warung yang ada di pinggiran sungai. Karna warung ini udah kerjasama sama si abang guide, maka kami diperbolehkan ambil aja dan bayarnya nanti alias ngutang dulu :D secara dalam keadaan basah2an kan kita gak mungkin bawa dompet..  Di warung itu disediain berbagai macam gorengan juga minuman instan kayak kopi, teh, susu, jus, dan lain2.. cimol juga ada loohh.. ya kami berempat makin aja anteng cemal cemil disitu. Setelah perut cukup keganjel, kami pun dibawa balik ke pos pendaftaran. Dan disitu kami berempat bisa mandi dan bersih2. Yeaaay... Misi Cave Tubing & River Tubing Done!!

Habis main aer sampe tengah hari tibalah lapaaar melanda.. Dan kami berempat bareng abang sopir rental melipir ke warung makan yang ada disekitaran gunung kidul. Alhamdulillah.. kalo lagi lapeeer berat, makan apa aja nikmat... Sehabis makan perjalanan lanjut lagi ke pantaaaaai....
Pantai yang kami pilih, Pantai Indrayanti.. karna gak terlalu banyak karang dan bisa berenang sepuasnya. Tapi semestaa belum mendukung L tetiba hujan deres pas udah mendarat di pantai.. huhuhu... kami berempat cuman bisa meratap dipinggir pantai sambil berteduh, sesekali foto2 geje pake tongsis K. Hujaan gak juga berhenti.  Pantaaai udah di depaan mata, masaaaak gak jadi berenang.. akhirnya saya dan dua temen saya nekad berenang sambil hujan2an... kalo temen yang satu lagi sih gak ngikut berhubung dia lagi masuk angin, drpd malah sakit akhirnya doi mutusin nunggu di gubug2 pinggir pantai. Dan kami bertigaaaa pun seru2an berenang di pantai sambil ditemenin hujan J

Pantai Indarayanti sewaktu diguyur hujan
Mainan di pantai
Selesai dari pantai, malam harinya kami kuliner lagi. Kali ini kami cari gudeg.... Dan berhubung gudeg rekomendasi sopirnya ternyata tutup, kami pun akhirnya makan di gudeg sagan. Gudeg sagan letaknya di daerah sagan, tempatnya dibuat layaknya cafe yang modern, untuk rasa.. lumayanlah berhubung lapar apa aja enaaak, tapi kalo dibanding gudeg pawon sih saya lebih suka gudeg pawon. Dan seperti biasaa, karna  keburu lapeer, lupa foto (^^,)

Hari udah makin malem, dan setelah melipir tempat bakpia dan laen2... kami pun balik penginapan dan istiraaahattt.. karna besok pagi-pagi kami harus pulang. Esok paginya kami pulang ke jakarta pake kereta bisnis..  Udaaah beres deh liburannya.. L

Di stasiun tugu Yogyakarta, menunggu kereta pulang
Berdua-berdua di dalem kereta, hadep2an J
Di dalam kereta.. perjalanan menuju jakarta
Moga selalu ada kesempatan buat liburan lagi... vacation lagi... biar bisa cerita-cerita lagi..