Monday, January 12, 2015

✿ Never Ending Jogja Part 1 ✿

✿ Never Ending Jogja Part 1 (Istana Ratu Boko) ✿

Januari dua ribu lima belas.. gak kerasa udah setahun sejak si enyah a.k.a mrs.hestrika (salah satu contributor kitamainyuk.blogspot.com) melepas lajang, udah bukan penganten baru lagi doi J mari kita doakan moga si enyah cepet2 wakadobol dan punya bayi2 yang lucu.. aamiin.

Sambil yang bersangkutan ngerayain anniversary nya, saya bakal bahas travelling setahun lalu di kota kelahirannya mrs.hestrika.

11 januari 2014, saya bareng tiga temen saya berangkat dari jakarta ke jogja buat ngehadirin royal wedding nya si enyah. Kami berempat naek kereta ekonomi dari stasiun senen, kalo gak salah nama keretanya bengawan. Perjalanan menuju jogja lancar jaya... Berkat timbunan cemilan dan persediaan aer yg buanyak, alhamdulillah urusan perut dan urusan ke toilet cukup teratasi. Kira2 jam 8 malem tibalah kami berempat di stasiun lempuyangan. Dan alhamdulillah yah, berkat kebaikan si calon mempelai kami pun dijemput ama adeknya si enyah menuju kerumah doi... buat menghadiri jamuan makan malem silaturahmi sama si calon mempelai wanita dan keluarga tercintanya J. Setelah kenyang temu kangen kami pun dianter ke penginapan, dan gak tangung2 dong yang nganter itu ya si calon mempelainya sendiri.. kalo calon penganten laen dipingit dan dikerem di rumah.. doi malah jadi sopir di malam terakhirnya sebagai lajang hihihi... kamu luar biasa enyah!!

Esok harinya, dipagi yang cerah ceria itu sosok si enyah begitu eyecatching.. tibalah waktunya mba sizt hestrika mengalami saat2 terpenting dalam hidupnya.. Setelah calon penganten pria sukses ngucapin ijab kabul, si enyah pun SAAAAHHH wakarapet sama cemewewnya. Selamaaaat ya mba sizt! Kami berempat gak lupa ngasih selamat, foto2, menikmati jamuan akad, foto2 selfie di tempat akad, foto2 selfie di tempat resepsi, menikmati hidangan resepsi, foto2 sama penganten, menikmati kudapan2 resepsi, foto2 lagi, ngunyah2 lagi, foto2 lagi... (memang agak r3w06 dan cukup narsis kami berempat ini).

This is us with the bride and the groom 
This is us with the bride and the groom Y
Setelah kenyang dan exist di royal wedding nya si enyah, kami pun pamit dan langsung balik penginapan. Penginapan kami yang pertama lokasinya deket banget sama candi prambanan dan gak jauh dari lokasi resepsi. Tapi kami berempat hanya sehari di penginapan ini, karna hari kedua kami bermaksud menginap di daerah malioboro. You knowlah... biar deket kalo belanja :D. Selesai packing dan checkout, kami dijemput sama rental mobil yg udah kami pesen buat jalan-jalan sore. Sesuai itinerary yang udah dibuat, karna lokasi penginapan deket sama kompleks Candi Ratu Boko, kami pun menuju kawasan tersebut buat foto2 dan ngejar sunset. Sampai di lokasi, kami langsung disuguhi pemandangan super keren dengan suasana mendung-mendung romantis di ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Keceeeh! Kita bisa liat kota jogja dari atas bukit. Udaranya segerr.. damaaai... jauh dari keramaian. Dari pelataran Andrawina kita bisa liat puncak candi Prambanan dari kejauhan.
Kota Jogja dilihat dari pelataran Andrawina
Gak lupa buat foto berempat di cek point yang pertama J
Setelah puas di pelataran Andrawina kami melanjutkan ke lokasi utamanya.. candi ratu boko. Sebelumnya saya ceritain sedikit tentang candi ratu boko ini. Candi Ratu Boko faktanya bukan benar-benar sebuah candi, tapi sebuah komplek istana. Itulah sebabnya sering juga disebut Istana Ratu Boko. Istana ini awalnya didirikan untuk memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Ratu Boko beda dari candi-candi lain, kalo kebanyakan candi dibuat untuk tempat ibadah, komplek ratu boko memiliki multifungsi, sebagai benteng pertahanan, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, bahkan ada gua dan tempat yang sekarang dinamai tempat kremasi.

Untuk menuju gerbang utama Candi Ratu Boko kita akan ngelewatin beberapa anak tangga. Selanjutnya akan ada penangkaran rusa di sebelah kanan jalan menuju gerbang, juga beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat dan santai sejenak. Adapula pohon beringin yang cukup besar dengan beberapa kursi dibawahnya... duduk disitu bakal romantisss banget :3

Barisan model gagal
Cek point yang kedua, tangga menuju gerbang utama Candi Ratu Boko J
Jalan menuju gerbang utama Candi Ratu Boko J
Spot romantis buat leyeh-leyeh
Gak jauh dari cek point yang kedua, kami pun langsung dihadapkan dengan pemandangan indah dari gerbang utama Istana Ratu Boko. Ini memang bukan pertama kali saya ke situs ratu boko, tapi gak pernah bosen liat pemandangan disini. Sunset disini bakal bagus banget, sayang kami dateng saat cuaca lagi mendung dan misi menikmati sunset disini failed! Tapi gak apa2, gak menghalangi tujuan utama kami berempat buat foto2 di area istana ratu boko ini.

Gerbang utama Istana Ratu Boko
Udara sejuk, suasana romantis, pemandangan kecee... momentnya udah pass banget... Pas buat fotooo-fottoooo :3 Dan inilah hasil narsisisme explorasi kami di istana ratu boko (kalo gak kuat liatnya... lambaikan tangan!! :D )

Gerbang candi ratu boko terdiri dari 2 gerbang, gerbang luar ukurannya kecil, gerbang dalam ukurannya lebih besar dan merupakan gerbang utama Istana Ratu Boko. Di belakang gerbang kita akan lihat hamparan padang hijau dengan rumput2 yang segar dilihat mata. Kawasan terbuka ini merupakan alun-alun istana ratu boko. Di tempat ini sesekali kita bisa lihat kambing2 berkaliaran sambil makan rumput. Kami bukan penganut anti mainstream, dan foto loncat ala ala levitasi memang cocok buat dipraktekin disini.Yuk mari lonjak lonjak dulu... itung2 olahraga :D

Pose absurd pertama
Pose absurd berikutnya
Disebelah kiri gerbang kita bisa mengunjungi satu bangunan yang sekarang ini disebut sebagai Candi Pembakaran atau “tempat kremasi”. Bangunan ini berbentuk persegi, dibagian atas tengahnya terdapat lubang kotak yang dulunya diduga sebagai tempat pembakaran mayat. Dari atas bangunan tersebut kita bisa melihat jelas gerbang utama istana ratu boko.
Dua gerbang Istana Ratu Boko

Selanjutnya kita akan menuju Paseban, yaitu pasar di kawasan salemba - kramat, beli sayur dulu nyoook... #gagalfokus. Abaikan abaikan.. kembali ke Paseban yang ada di Istana Ratu Boko. Bangunan ini merupakan tempat menghadap ataupun menemui pemimpin Kerajaan Ratu Boko.
Paseban
Gak jauh dari bangunan paseban, kita akan lihat bangunan lain yaitu Pendopo. Pendopo ini diperkirakan digunakan sebagai ruangan bagi tamu yang datang.

Pendopo Istana Ratu Boko
Sebenernya masih ada situs lain di kawasan ratu boko ini, yaitu Keputren dan Gua, tapi karna saya gak sempet foto jadi dikasih gambarannya aja ya. Keputren berbentuk bangunan persegi dengan dinding sekitar 2 meter dan didalamnya terdapat kolam-kolam yang diduga dulunya digunakan sebagai pemandian bagi raja dan para wantia. Sedangkan Gua yang terdapat di situs ratu boko ini adalah Gua Lanang dan Gua Wadon. Detil sejarahnya kayaknya ga perlu saya jelasin panjang lebar disini karna udah cukup jelas terpapar di wikipedia dan web2 pariwisata jogja :D. Tapi buat yang belum tau atau udah tau tapi masih penasaran sama detil candi ratu boko, bisa juga liat dokumenter tentang Situs Ratu Boko :

Hari udah mulai sore, dan sunset yang ditunggu tetep gak nongol L. Kami berempat memutuskan untuk pulang ke kota dan check-in di penginapan sekitar dagen, malioboro. Malam hari nya kami kelaparan.. perut udah drumband karna makan siang terakhir ya di tempat resepsinya si enyah... dan tenaga sudah terkuras waktu keliling2 ratu boko :D. Kami pun bermaksud mencari kuliner yang terkenal di jogja. Kami berempat menuju ke daerah bintaran kidul untuk makan bakmi jawa yang cukup tersohor di jogjakarta, Bakmi Kadin. Di Bakmi Kadin kita bisa cicipin bakmi godog, bakmi goreng, juga berbagai minuman seperti es tape, bajigur, es jeruk, dan yang pasti teh. Yang istimewa dari Bakmi Kadin itu karena masaknnya menggunakan anglo dengan arang sebagai bahan bakarnya. Tapi itu pula yang membuat waktu memasak jadi lebih lama, dan buat yang datang dalam keadaan lapar... selamaaat... anda akan semakin keroncongan. Apalagi selagi nunggu kita akan disuguhi alunan musik keroncong dari para musisi jogja. Cocok dah! Perut keroncongan denger musik keroncong.. Hihihi.. Setelah nunggu lama tibalah si bakmi godog yang ditunggu-tunggu. Karna saya dan tiga temen saya udah laper berat, kami sampe lupa dokumentasiin si bakmi kadin ini. Yang pasti untuk bakmi godog, bakmi kadin ini bisa dikatakan enaak dan recomended, hanya untuk bajigur sama es tape nya sih ga seenak yang dibayangin. Abis kenyang makan kami balik ke penginapan dan boboooo cantik. Besoknya saya bareng tiga temen saya berencana cave tubing di gunung kidul. Ceritanya lanjut besokk lagi ya.. Pegel juga ngetik :D Bubyeee.... ♥