Friday, January 2, 2015

Ketika Nyangkut di Museum Angkut


Kesekian kalinya buka-buka folder gallery dan kembali terjebak nostalgia #auoooo #yaopolah. Nemu kumpulan foto liburan taun kemarin, gak terlalu lama sih.. sekitaran awal november 2014. 

Berbekal rasa penasaran yang udah di puncaknya.. dan hasrat pengen foto-foto dengan background kece.. Awal november lalu, pergilah saya ke tempat wisata yang lagi kekinian di timur jawa. Dari cerita sana sini, tempat ini punya sesuatu yang unik, selain sebagai museum, tempat ini juga di dibuat sedemikian rupa seperti settingan di hollywood... Makin mantablah saya... mantaaab buat foto-foto \(‾▿‾\)┌(_o_)┐(/‾▿‾)/┌(_o_)┐ *guling guling girang*

Museum Angkut
Namanya Museum Angkut, berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung, Kota Wisata Batu. Mulai dibuka 9 Maret 2014, dan dalam waktu singkat udah bisa menghadirkan pengunjung yang gak pernah sepi. Dengan mengusung tema transportasi, dan setting yang unik, museum angkut ini bener-bener beda dari kebanyakan museum di indonesia. 
Tentang Museum Angkut diambil dari http://www.museumangkut.com/
Museum Angkut buka dari jam 12.00 sampai jam 20.00. Namun loket sudah dibuka dari jam 11.00.
  • Harga tiket Museum Angkut + Movie Star Studio : 
          Senin - Kamis : Rp.50.000,-
          Jumat - Minggu : Rp. 75.000,-
  • Harga tiket masuk Museum Angkut + Movie Star Studio + D’Topeng Kingdom: 
          Senin - Kamis : Rp.60.000,-
          Jumat - Minggu : Rp. 85.000,-
  • Untuk yang bawa kamera dikenakan charge 30.000 rupiah/kamera. Ini berlaku untuk semua jenis kamera (DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dsb) kecuali Handphone. 
Karna saya kesana bukan di hari weekend, pengunjung yang datang gak terlalu ramai, tapi bisa dibilang gak terlalu sepi juga sih untuk ukuran weekday.
Museum Angkut
Di pintu masuk museum angkut kita akan dimintakan tiket oleh petugas, sekaligus dikasih gelang. Tas kita juga diperiksa sama petugasnya, mungkin untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan kayak bawa senjata tajam, makanan minuman, bawa pacar yang dilipet di tas biar gak bayar tiket, bawa cabe2an dikresekin #iniSungguhTerlarang!! oia hewan peliharaan juga gak boyeeeh. Kalo kita bawa kamera dan sudah membeli tiket kamera, kamera kita bakal dikasih label, dan label yang dikasih musti digantungin di kameranya selama didalam museum, jangan dilepas ya ntar ditagih lagi dah tiga puluh rebuu :p

Gelang Masuk Museum Angkut + Movie Star Studio
Setelah masuk ke bangunan museum, kita akan dibuat terkagum-kagum melihat segala rupa bentuk transportasi mulai dari mobil, motor, sepedah, becak, daaaan lain sebagainya. Semuanya punya bentuk dan jenis yang beda2, tiap alat transportasi yang dipajang juga punya keunikan dan sejarahnya masing-masing. 
Koleksi di Museum Angkut (saya gak termasuk koleksi loh ya :| )
Sejarah sepeda bermesin tempel.
Koleksi Museum Angkut
"Jangan menghitung-hitung untung rugi perjuanganmu..."
Tahukah anda ???
Begayaaah doeloeee...
Berasa jadi sohib pembalap J
Berbagai koleksi becak, sama abangnya juga (#eh itumah temen saya denk ^^,)
Setiap bagian di museum angkut disusun dan didekor sedemikian rupa, sehingga semuanya menarik buat jadi foto latar... hihihi. 
┐(‘’┐) (┌’) (’┐) (┌’)┌ *dancing*
Tempat duduknya pun disesuaikan tema J
Satu sudut di dalam area museum angkut
Foto bareng vampir cina ;s
Salah satu bagian di museum angkut, membuat seolah sedang berada di kawasan nelayan J
Aseli indonesia...  Lagi jadi penjual Dawet
Lantainya dikasih pasir beneran, bikin dekor makin keceeeh
Pelukis abal-abal ;D
Bungaaa... Bungaaaa.... 
Ada beberapa zona yang bisa dinikmati pengunjung di museum angkut ini. Dan yang bikin seru, setiap pergantian zona dibikin setting seperti di bandara, sehingga seolah-olah kita sedang melakukan penerbangan ke tempat tersebut.
Berasa mau terbang ke amerika
Dan inilah berbagai zona yang ada di museum angkut : 
(deskripsi diambil dari http://www.museumangkut.com/ kecuali gambar2nya, berdasarkan hasil explorasi dan narsisme pas disana  ┐(‘’┐) (┌’) (’┐) (┌’)┌ )

1. Zona Hall Utama
Ruangan ini adalah ruangan pertama yang akan dikunjungi setelah melewati garis Entrance oleh pengunjung. Diruangan ini terdapat berbagai koleksi alat angkut dari berbagai negara dan berbagai masa yang didukung dengan hiasan lampu sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan elegan.

Hall Utama Museum Angkut
Rools Royce Phantom Thn 1962 
Berbagai koleksi di museum angkut.
2. Zona Edukasi
Sesuai misi visi Jawa Timur Park Group sebagai penggagas Wisata Edukasi, di zona seluas 900 m2 ini dapatkan informasi tentang sejarah berbagai angkutan dari masa ke masa baik di Indonesia maupun di dunia. Temukan cara baru belajar tentang angkutan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Sistem Kerja Kereta Uap
RMS Titanic
3 Kapal 3 Zaman
Komponen Mesin Bensin
Replika QuadracycleAbad ke-19
3. Zona Sunda Kelapa & Batavia
masuk ke zona ini kita serasa ditarik kembali ke Jakarta tempo dulu saat menjadi pelabuhan terkenal di jaman Belanda. Temukan nuansa Batavia, tiruan menara Syahbandar dan berbagai jenis angkutan didalamnya.
Tiruan bangunan lama yang disuguhkan di ruang terbuka museum angkut
Replika Menara Syahbandar
Begayaaa
Mobil ini lucuuuk! Warnanya magenta...
Koleksi yang dipajang di area terbuka zona sunda kelapa & batavia
Sudut Army..
Warna mobilnya lucuuuuk deh.. ♥ it!
Ciaat ciaaatt...
Balaaapan dulu yah..
4. Zona Gangster Town & Broadway Street
di zona ini Al Capone sebagai gangster tersohor di tahun 1970an beraksi dan siap membawa anda terlibat didunia gangster. Broadway street yang menjadi tempat impian para artis tersohor dunia ditampilkan bersama dengan berbagai model angkutan didalamnya.

Hampir di setiap spot bagus buat diambil gambarnya. \(‾▿‾\) \(´▽`)/ (/‾▿‾)/ zona gangster town & broadway street ini zona paling yahuuuud buat narsisme!
Police Station
Anak gaoel *metal*
Gangster syariah
Dor!!
Street of gangster town
Yang punya mobil gak ada kan??? *clingak clinguk*
Petugas pemadam kebakaran, memadamkan hati yang terbakar #auooooo
Broadway theater, ini ciyus deh pas pose ini pake acara payung terbang, payung ngelipet :3
Broadway...
5. Zona Eropa
Italy, Perancis, Jerman, dan London yang merupakan kota tersohor di eropa kami sajikan dalam nuansa malam dipadu dengan berbagai angkutan dari Eropa yang melengkapi situasi kota.


Lukisan Colosseum sebagai background jadi berasa di roma
Dekorasinya romantisss.. Gerbang sebelum masuk area Jerman
Mercedes Benz W180 Thn 1960, eikee aja belom lahir cyiiin..
Nongkrong di area Deutschland
Tukang buah masa kini! London market hall..
Pergiii duluu cyiin... *pergi dari masa lalu #auooooo
Kapan lagi jalan bareng The Beatles :3
Take a pic with mr. bean ;)
6. Zona Istana Buckingham
Inggris sebagai Negara Kerajaan paling tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai angkutan berkelas seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Raligh, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce, dll kami hadirkan di sini. Kami juga menampilkan mobil LandRover yang pernah digunakan oleh Queen Elizabeth saat parade di Australia lengkap dengan situasi Kota London di malam hari dan kemegahan Istana Buckingham.
Taman depan istana Buckingham
Masih di area taman Istana Buckingham
Tanaman berbentuk mobil di depan pintu masuk Istana Buckingham
Narsis bareng Queen Elizabeth
7. Zona Las Vegas
Nuansa Amerika yang akan mewarnai malam Anda dengan gerbang Las Vegas.

Gak sempet foto-foto disini... ruameee tenan rek! :3

8. Zona Hollywood
Ayoo movie mania. Di Zona ini kalian akan menemukan berbagai mobil yang dipakai dalam film Hollywood.
Dibalik layar ajaaah... 
9. Zona Pasar Apung
Berbagai souvenir dan merchandise Museum Angkut serta oleh- oleh khas Nusantara UKM Batu ada disini. Makanan khas tradisional turut meramaikan suasana pasar tempo dulu dan nuansa pasar apung. Berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman Kota Batu seperti seni batik, lukis, ukir, karikatur, dan lain-lain dapat dipelajari sekaligus berinteraksi langsung dengan para seniman dan membawa hasil karya seni anda pulang kerumah.
Pasar Apung, Spot Kuliner di Area Museum Angkut
Pasar Apung
Perahu Apung
10. Zona D’topeng Kingdom
Museum warisan budaya Indonesia. Penuh sensasi pesona dan kekayaan warisan bangsa Indonesia.

Reno Halsamer, pengelola D’Topeng Kingdom, mengumpulkan berbagai koleksi topeng dan jenis pusaka dari setiap daerah itu sejak 20 tahun lalu. Sehingga jumlahnya ada sekitar 2 ribu lebih koleksi topeng.
Di dalam D'Topeng Kingdom kita bisa mencoba berbagai topeng juga kostum yang disediakan.
Itulah sedikit pengalaman yang bisa saya ceritakan tentang kunjungan ke museum angkut, movie star studio, d'topeng kingdom, dan pasar apung. Saya cukup lama berada di dalem area museum, secara banyak banget spot keceeh buat foto2, setelah nyangkut di sudut sana sini akhirnya keluar museum udah hampir sore, padahal mulai masuk nya masih siang bolong hahaha. Saran saya kalo mau kesana jangan pas lagi liburan, coz bakalan ruameee banget, jadi susyaah buat foto2 kalo kebanyakan orang ;D. See u 



2 comments: