Wednesday, December 2, 2020

✿ Yuk Naek Jembatan Gantung ✿

Tadaaa.. Am back….

Akhirnya kembali menulis lagi disini setelah 5 tahun hiatus…

Sudah 2020 iniiii…sudah kemana aja nih di dua ribu dua puluh?? Jawabannya.. di rumah aja… hehe..

Tahun ini memang jadi tahun yang luar biasa bagi banyak orang, pandemi datang dan gak pergi-pergi. Dampaknya berasa hampir di semua lini. So, jangankan plesiran, mau mudik aja ditahan-tahan karna khawatir bawa virus ke rumah… huhuu sedih rasanya. Tapi ya sudah.. semua tetep harus dijalanin, yakin  semua ini pasti berlalu, bumi akan pulih lagi, dan semoga kita semua bisa ambil hikmah dari pandemi ini. Aamiin….

Jadi tulisan kali ini throwback aja kali ya, cerita tentang liburan agustus tahun lalu ke jembatan gantung yang katanya terpanjang di Asia Tenggara.. Waaaw… seperti apa tuh... Gini nih penampakannya..

Situ Gunung Suspension Bridge

Nama tempatnya Situ Gunung Suspension Bridge, berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Tempat ini lagi hitz banget di tahun itu, mungkin sampai sekarang pun masih banyak yang tertarik main ke sana, karna memang seru sih lokasinya. Situ Gunung ini masih bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selain jembatan yang iconic banyak juga spot seru lain di Taman Wisata Alam Situ Gunung ini. Spot terbaik sih katanya pagi or sore karna cahaya mataharinya belum terlalu terik. Tapi berhubung kalo sore ada kemungkinan hujan jadi saya sih sengaja datang pagi-pagi banget, bahkan sudah tiba di lokasi sebelum dibuka hahahaa.. biar sepi! Kan gak seru juga di jembatan yang udah oke ini backgroundnya banyak orang yang lg foto2 juga. Tapi ternyata walau udah super pagi sampai di lokasi, jengjreng.. ternyata hari itu pas banget sama event Situ Gunung Trailrun 2019… wkwkwkwk yaa rame2 juga jadinyaa.

Pintu Masuk Situ Gunung Suspension Bridge

Para runners yang udah pada siap ikut event Situ Gunung Trailrun 2019

Setelah nunggu beberapa saat, tepat jam 7 pagi akhirnya lokasi wisata Situ Gunung buka juga, dan saya langsung beli tiket masuk. Saya ga terlalu ingat biaya tiket masuk waktu itu, tapi untuk sekarang ini Situ Gunung nyediain beberapa pilihan, ada one day trip untuk explore track hutan, jembatan gantung, air terjun dan udah dapat juga welcome drink plus suguhan traditional art di amphitheaternya. Ada juga paket VIP dimana ada tambahan snack dan shuttle transportation serta paket VVIP dengan tambahan lunch. Detilnya bisa lihat di bawah ini gaess..


Tarif One Day Trip Situ Gunung
  

Lanjooot…

Setelah bayar tiket masuk kita akan mulai masuk ke kawasan situ gunung ini, yang so pasti kanan kiri nya bakal disuguhi pemandangan hutan yang bikin seger mata dan udara pegunungan yang super freshhh...


Sitemap Situ Gunung

Gak jauh dari loket tiket masuk, kita akan disuguhi welcome drink, waktu itu sih saya dapet snack juga kayak rebus-rebusan gitu, lumayaaan sarapan sehat. Lalu setelah tracking dikit akhirnya sampe deh di jembatan gantung yang fenomenal di sukabumi ini…

Sebelum naik jembatan kita bakal dikasih perlengkapan keselamatan gitu, wajib dipasang ya.. karna keselamatan nomer 1! Abis itu mulai deh menikmati sensasi jalan di atas jembatan gantung yang membentang sepanjang 243 meter, dengan lebar 1,8 meter, dan ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah. Cukup menantang adreanlin buat yang takut ketinggian, tapi serius deh, gak bakal serem qo untuk nyebrangin jembatan ini, karna sudah didesain sedemikian rupa dan bakal aman banget. Jumlah pengunjung yang melintas juga dibatasi, jadi gak akan ada penumpukan di atas jembatan ini.

Karna sepi bisa puas banget jeprat-jepret dijembatan ini

Di foto ini dapet penampakan sunrise yang cihuy banget nongol dari balik gunung

Setelah di ujung jembatan, kita lanjut ke spot berikutnya yaitu Curug Sawer. Untuk kesitu kita akan tracking lagi ditemenin dengan view hutan dan tangga yang… hmmm, cukuplah buat kaki gempor pulang dari sini huehehee. Sepanjang jalan menuju curug sawer ini seru banget, karna beberapa kali papasan sama runner yang lagi ikut event lari disini, tiap papasan kami saling menyemangati, saling ngasih support “tinggal dikit lagi.. semangaaat!” walopun rasanya qo ga nyampe2 hahahaaa. Sebenernya lokasi aer terjun ga jauh-jauh amat dari jembatan gantung, tapi mungkin karna tangganya yg lumayan bikin pengkor kaki jadi berasa jauuh..

Lalu setelah tracking tibalah di Sawer Waterfall… yang langsung bikin segeeer karna seketika udara makin tambah dingin karena kita bisa deket banget sama air terjunnya.

Penampakan Air Terjunnya

Bisa Duduk di sekitaran Air Terjun

Mantapkan… Naaah abis puas di spot air terjun ini, kita lanjut ke spot berikutnya yaitu Situ Gunung Lake. Tapi untuk kesitu kita perlu balik lagi ngelewatin jembatan gantung tadi ya gaes…

Setelah kedua kalinya menyusuri jembatan gantung kita bisa istirahat dulu di Balcony Resto. Disini kita bisa ngopi-ngopi, ngeteh, atau mau ngemil dan makan berat pun tersedia. Dan ada spot yang ga kalah seru disini. Kita bisa duduk di atas jarring-jaring yang bawahnya adalah jurang gaess… ngeri-ngeri sedap.. hahaa… tapi wajib coba lho.. biar dapet hasil foto seperti ini :

Pose santuy yang dibuat-buat, aslinya lemes itu kaki lihat bawah langsung jurang

 Sehabis istirahat di balcony resto kita lanjut ya ke spot selanjutnya, diperjalanan menuju danau kita akan ketemu lagi sama ampiteater, dan kita bakal disuguhi kesenian khas sunda kaya tarian atau pencak silat gitu gaes. Seru, hiburan tradisional. Lanjut tracking yang lumayanlah nambah kaki senut-senut. And finally tibalah di Situ Gunung Lake. Danau ini sebenernya bagus dan masih alami, mungkin perlu sedikit pemugaran agar lebih bagus lagi. As always ada saja sampah berserakan yang ngerusak pemandangan. Gemes sih, problematika yang selalu terjadi di lokasi wisata di Indonesia, turisnya bandel, pengelolanya juga kurang aware negakin aturan tentang buang sampah pada tempatnya. Padahal gak sulitkan ngantongin dulu sampah yang kita punya ke tas atau saku kita, dan bisa dibuang ketika nemu tempat sampah. Kita sayang yuk sama bumi, biar bumi juga sayang sama kita.

Okay lanjut bahas danau. Di danau ini pengunjung bisa juga berkeliling pakai perahu atau rakit. Tapi karna yang begini udah terlalu mainstream, kali itu saya memilih untuk eksplore sekeliling danau. So, bukan dengan rakit, bukan pakai perahu, tapi jalan kaki keliling danau gaess…. Hahahaa biar sekalian dah pegelnya!


Situ Gunung Lake View

Saya pun lanjut tracking keliling danau. Beruntung sih ada event lari, jadi untuk keliling danau gak perlu takut kesasar karna beberapa titik sudah ditandai buat memudahkan runners yang ambil rute lari ini. Kalau bukan karna event ini mungkin ga sembarangan juga kali ya bisa keliling danau, bikos ada jalan2 yang masih ga ada jalan setapaknya gitu dan kehalang pohon2 tumbang. Kalau ga ngikut tanda yg udah dipasang buat event lari ini mungkin kami juga bakal nyasar entah kemana kedalem hutan. Seru deh keliling danau, kita bakal ketemu air terjun cimanaracun pas tracking.

   


Cimanaracun Waterfall

Nah abis tracking keliling danau… ujian selanjutnya adalah pulang ke parkiran gaess… hahahahaa tenaga mulai habis, kaki udah pengkor. So mari kita jajan dulu di warung2 pinggir danau…

Sebelum balik, jagung bakar doeloe biar kuat jalan ke parkiran hahaha

Habis 1 jagung bakar, qo kayaknya ojeg2 menggoda banget buat digunakan jasanya, hihihi. Akhirnya setelah mental mulai melemah, saya pun memutuskan balik ke parkiran naik ojeg. Sementara rekan travelling saya jalan kaki ke parkiran, saya leha2 deh diboncengin abang ojeg huehee.. 

Okay sekian kisah wisata di Situ Gunung ini.

Baydewei Situ Gunung juga nyediain paket glamping gaes.. Ada juga yang versi tendanya kalau cari yang lebih terjangkau. Seperti ini kalau glampingnya :

Situ Gunung Glamping

Tampak menyenangkan nginep di tengah hutan gini. Maybe next time musti cobain..

Buat yang perlu info lebih lanjut tentang fasilitas yang ada di Kawasan Situ Gunung ini bisa langsung cek di https://situgunungbridge.com/ dan kalau mau langsung tanya-tanya sama call center nya bisa langsung kontak ke +62 811-1440-144.

Okelah.. sekian dulu sedikit cerita tentang Situ Gunung ini, semoga bermanfaat dan.. semangat Travelling gaes!! *walau masih pandemi, semangat aja dulu yaa hehee.. nanti pas pandemi berakhir semoga segera bisa kemanaa mana lagi… jalan-jalan lagi.. vacation lagi..

Byebye! Sehat selalu dan tetap disiplin dengan protokol kesehatan ya.. 




No comments:

Post a Comment